penyaluran bantuan kemanusiaan internasional - LAZNAS Dewan Dakwah

Bencana & Kemanusiaan

Solidaritas Dunia Islam

dakwah islam, zakat mal, infak sedekah

Solidaritas Dunia Islam (SOUL) merupakan program kemanusiaan dalam bentuk kerjasama antara LAZNAS Dewan Da’wah dengan institusi di Indonesia maupun institusi internasional dalam penyaluran bantuan dari dalam negeri untuk program kemanusiaan bagi umat muslim di luar negeri khususnya negara Palestina, Lebanon, Suriah, Rohingya, Afrika, Yaman dan Uighur.

Program yang tersebut antara lain:

Program Ramadhan
a. Paket Sembako
b. Paket Buka Puasa
c. Paket Lebaran untuk Yatim
d. Paket Fitrah/Fidyah

Qurban
a. Kambing
b. Sapi

Humanitarian Disaster Manajemen (HDM)

Sepanjang 2019, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 1.426 kasus bencana di Indonesia. Dampak yang ditimbulkan oleh bencana dilaporkan begitut besar.

Terdata 375 meninggal dan hilang, 1.402 orang luka-luka 2,6 juta mengungsi dan yang terkena bencana, 4.562 rumah rusak berat, 4.149 rumah rusak sedang, 18.114 rumah rusak ringan, 111.546 rumah terendam, dan ribuan fasilitas umum yang rusak.

LAZNAS Dewan Dakwah dengan SIGAB (Aksi Tanggap Bencana) melakukan berbagai tindakan, mulai dari posko pengungsian, distribusi sedekah makan rakyat (SEMARAK), dapur umum SEMARAK, layanan kesehatan gratis kerjasama dengan Rumah Sehat Dewan Dakwah, layanan sekolah hatiku senang untuk trauma healing anak-anak yang tertimpa bencana.