Sedekah yang Disukai Allah

Nikmat Rizal

LAZNAS Dewan Dakwah – Sedekah adalah salah satu yang menjadi amal bagi setiap manusia untuk dapat menuju ke surga dan sedekah yang disukai Allah. Di dalam Islam, terdapat berbagai macam sedekah yang dapat diberikan oleh seseorang.

Bentuk sedekah juga tidak selalu soal uang ataupun barang. Nasihat dan juga senyuman dapat dikatakan sebagai salah satu bentuk sedekah.

Namun, yang menjadi pertanyaan mendasar adalah bagaimana cara seseorang tersebut mendapatkannya. Apakah rezeki yang didapatkan halal di mata Allah?

Di dalam hadist mengatakan bahwa:

“Halal itu jelas dan haram itu jelas dan di antara keduanya ada perkara-perkara yang syubhat. Yang terkadang tidak diketahui oleh mayoritas manusia, maka barang siapa yang menghindarkan diri dari perkara-perkara syubhat sungguh telah membebaskan untuk agama dan kehormatan dirinya, dan siapa saja terjerumus dalam perkara yang
syubhat, maka ia terjerumus pada yang diharamkan.”

(HR. Al-Bukhari & Muslim)

Penjelasan tersebut sama dengan apabila makanan dan minuman berasal dari cara yang halal, maka akan baik pula sedekah yang akan diberikan oleh orang tersebut. Namun sebaliknya, jika semua yang didapatkan dengan cara yang haram.

Rasulullah pun bersabda: “Tidaklah diterima shalat tanpa bersuci, tidak pula sedekah dari ghulul (harta haram)” (HR. Muslim no. 224).

Di dalam Hadis tersebut diriwayatkan oleh Abu Daud dalam Marasil, Hasan li Ghairihi, Shahih Targhib nomor 1721.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barangsiapa yang mendapatkan harta dari sumber yang haram lantas dia manfaatkan untuk berbuat baik kepada kerabatnya, sedekah kepada orang miskin atau infaq di jalan Allah, maka semua amalnya tersebut dikumpulkan (tidak bernilai) dan karenanya dia dicampakkan ke dalam neraka.”

Oleh karena itu biasakan untuk memberikan rezeki yang halal, bagi siapa saja yang ingin bersedekah.

Dalam era sekarang pun, sedekah semakin dipermudah dengan kemajuan teknologi. Salah satu yang menginisiasinya adalah LAZNAS Dewan Dakwah, Anda juga bisa memberikan sedekah dengan cara ikut berdonasi, caranya dengan transfer donasi Anda ke rekening di bawah ini melalui Zakat Online LAZNAS. Mari ber- Zakat, Infak, Sedekah, & Qurban. Salurkan melalui rekening donasi LAZNAS Dewan Da’wah yang tersedia dan mohon konfirmasi di nomor berikut ini 0858-8282-4343
.

Semoga setiap sedekah yang dikeluarkan dapat memberikan manfaat untuk diri sendiri dan orang di sekitar, aamiin ya rabbal alamin.

Bagikan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

*