Langkanya Guru Ngaji di Pulau Seram

Langkanya Guru Ngaji di Pulau Seram

Melati Fadla

LAZNAS DEWAN DAKWAH“Bismillah.. hirroh.. maaan.. nirrohiiiim,” baca Ikhsan (9), anak Pulau Seram, mengawali pembacaan iqranya dengan agak tersendat-sendat.

Meski belum lancar, Ikhsan dan 50 anak Mualaf lainnya di Desa Dawang 2, Kecamatan Bula, Pulau Seram Bagian Timur, Maluku, girang bukan main saat ada guru ngaji yang mendatangi dan mau mengajarkan mereka pendidikan Islam. Meski hanya bisa bertemu 1 pekan sekali.

Guru ngaji langka di sini. Kebanyakan ada di kota. Ketika datang, kami disambut gembira oleh anak-anak Dawang di depan masjid dengan rasa bahagia,” terharu Ustadz Ihkam saat hadir untuk membersamai dan membina masyarakat Desa Dawang 2.

Rutin setiap hari Jumat, Ustadz Ihkam Ihtiromuddin meluangkan waktu khususnya untuk membina anak-anak Mualaf Dawang. Sebab, langkanya guru mengaji sangat nyata di pedalaman. Ingin mengaji, tapi jarang ada guru yang mempuni bisa mengajarkan ngaji.

Guru ngaji Desa Dawang satu-satunya adalah imam masjid yang usianya sudah senja. Keterbatasannya hanya mampu mengajarkan baca Iqra. Itupun masih sering dibantu sukarelawan masyarakat setempat yang iba dengan kondisi pengajian anak-anak.

Guru ngaji sarjana alumnus STID Mohammad Natsir yang berdakwah sejak tahun 2019 ini tidak sendirian. Pundak amanah dakwah ini ia jalani bersama rekan-rekannya untuk membina generasi Pulau Seram, khususnya Desa Dawang.

Saya juga mengajak rekan-rekan pemuda Bula untuk fokus melakukan pembinaan Islam kepada anak-anak mualaf, mulai dari belajar Iqra habis Ashar sampai pemberian tausiyah jelang Magrib,” ujar Ustadz asli Bumiayu, Brebes, ini.

Tidak hanya mengajarkan baca Iqra dan Al-Qur’an, Ustadz Ihkam dan rekan dakwah lainnya juga mengajarkan tata cara wudhu dan shalat yang benar, beserta adab-adab yang Islami.

Anak mualaf Pulau Seram sedang belajar shalat yang dipandu oleh Ustadz Ihkam.
Kegiatan mengaji anak-anak mualaf Pulau Seram setiap 1 pekan sekali oleh Dai Pedalaman Dewan Da’wah, Ustadz Ihkam.
Bagikan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

*