Kapan Zakat Fitrah Dibayarkan? - LAZNAS Dewan Dakwah
Kapan Zakat Fitrah Dibayarkan

Kapan Zakat Fitrah Dibayarkan?

Laznas Dewan Dakwah

LAZNAS Dewan Dakwah – Zakat fitrah merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Takaran dan waktunya pun telah Allah tunjukan melalui contoh dari Rasulullah SAW dan para sahabat.

Lalu, kapan sebaiknya zakat fitrah Ditunaikan?

Menurut Panduan Zakat Praktis, Ustadz Zain An-najah, Pakar fikih, pengawas syariah LAZNAS Dewan Dakwah, waktu paling utama melaksanakan zakat fitrah adalah pagi hari sebelum shalat Ied, sehingga kita disunnahkan mengakhirkan shalat ied untuk memberi kesempatan kepada kaum muslimin membayarkan zakat fitrahnya kepada fakir miskin.

Adapun waktu wajibnya adalah setelah terbenamnya matahari akhir bulan Ramadhan sampai sebelum dilaksanakan shalat Ied. Dalilnya adalah hadits Ibnu Abbas bahwasanya Rasululullah shallallahu ‘laihi wassalam bersabda:

فَمَنْ أَدَّاهَا قَبْلَ الصَّلَاةِ فَهِيَ زَكَاةٌ مَقْبُولَةٌ، وَمَنْ أَدَّاهَا بَعْدَ الصَّلَاةِ فَهِيَ صَدَقَةٌ مِنَ الصَّدَقَاتِ

“Barang siapa yang membayar zakat fitrah sebelum shalat ied, maka termasuk zakat fitrah yang diterima; dan barang siapa yang membayarnya sesudah shalat ied maka termasuk sedekah biasa (bukan lagi dianggap zakat fitrah).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Hadits di atas menjelaskan bahwa barangsiapa yang membayar zakat setelah shalat ied, tidak dianggap sebagai zakat fitrah, tetapi sedekah biasa. Adapun pelakunya telah berdosa karena mengundur-undur pembayaran zakat fitrah  dari waktu yang telah ditentukan. Hendaknya ia bertaubat kepada Allah subhanahau wata’ala dan tidak mengulanginya lagi.

Kemudian, dibolehkan juga membayar zakat fitrah satu atau dua hari sebelum hari raya pada bulan Ramadlan. Alasannya, Ibnu Umar radiyallahu ‘anhu pernah membayar zakat fitrah satu atau dua hari sebelum hari raya Idul Fitri. Bahkan, sebagian ulama membolehkan membayar zakat fitrah pada awal bulan Ramadhan atau di pertengahan bulan.

Oleh karena itu, menurut pembahasan panduan ini, mengenai waktu pembayaran zakat fitrah ada waktu yang diutamakan, waktu wajib, dan adapula waktu yang dibolehkan.

Yuk sahabat, tunaikan zakat fitrah pada waktunya. Semoga Ramadhanmu menjadi lebih sempurna, jiwa menjadi bersih dan suci, dan diampuninya dosa-dosa kita semuanya.

Mari tunaikan Zakatmu melalui Laznas Dewan Dakwah. Zakatmu akan kami sampaikan pada mereka yang membutuhkan.

↔️Zakat Fitrah↔️
Rp. 45.000 per jiwa

BACA UPDATE BERITA SELENGKAPNYA :

Bagikan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

*