Fidyah Puasa Ramadhan

Loading....

Rp 9.035.104 dari Rp 50.000.000
17 Donatur
Mulai Donasi
Penggalang Dana
Terverifikasi
LAZNAS Dewan Dakwah
Informasi Lokasi
Indonesia
Detail Program

Fidyah Puasa Ramadhan


LAZNAS Dewan Dakwah - Puasa Ramadhan adalah kewajiban bagi seluruh umat muslim. Namun, sebagai manusia yang lemah, tentu saja mungkin kita terpaksa tidak melaksanakannya. Selayaknya kewajiban, maka ada yang harus dibayar jika tidak melakukan. Dalam Islam, puasa Ramadhan bisa dibayar dengan puasa lagi di luar Ramadhan juga fidyah.

Fidyah berasal dari kata "faada" yang artinya pengganti atau tebusan agar seseorang tersebut tidak lagi terjerat dalam hukum, dalam hal ini adalah puasa. hal tersebut juga diperkuat dengan dalil dalam Al-Qur’an. 

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS. Al-Baqarah ayat 183-184)


Siapa saja yang boleh membayar fidyah?

Adapun kriteria orang yang bisa membayar fidyah di antaranya:

  1. Orang tua renta yang tidak memungkinkannya untuk berpuasa
  2. Orang sakit parah yang kecil kemungkinan sembuh
  3. Ibu hamil atau menyusui yang jika berpuasa khawatir dengan kondisi diri atau bayinya (atas rekomendasi dokter).

Fidyah wajib dilakukan untuk mengganti ibadah puasa dengan membayar sesuai jumlah haripuasa yang ditinggalkan untuk satu orang. Nantinya, makanan itu disumbangkan kepada orang miskin.

Bagaimana hitungan fidyah?

Fidyah wajib diberikan kepada fakir atau miskin, tidak diperbolehkan untuk golongan mustahiq zakat yang lain, terutama golongan orang kaya. Sementara itu, menurut ulama Hanafiyah, fidyah yang harus dikeluarkan sebesar 2 mud atau setara dengan 1/2 sha' gandum. Jika 1 sha' setara 4 mud atau sekitar 3 kg.

Apakah Fidyah bisa dibayar dengan uang?

Bisa. Berdasarkan SK Ketua Baznas Nomor 7 Tahun 2021 tentang Zakat Fitrah dan Fidyah untuk wilayah Ibukota DKI Jakarta Raya dan Sekitarnya, bayar fidyah ditetapkan bahwa nilai fidyah dalam bentuk uang sebesar Rp 45.000 per hari per jiwa.

Baca Selengkapnya
Tampilkan lebih sedikit
Top Influencer
Aliefa asyifa
Rp 2.025.000
Mulai Donasi
Donasi
Rp 270.000
Hamba Allah
Rp 150.000
Hamba Allah
Rp 1.305.000
NurM
Rp 675.000
Hamba Allah
Rp 405.000
Nurjuliar Oemar
Rp 45.000
stephaniebelinna
Rp 675.000
Hamba Allah
Rp 450.000
stephaniebelinna
Rp 250.000
Budiono
Rp 150.000
Ika Dhianawati
Doa Orang Baik
Informasi Terbaru
Info belum tersedia
Program Yang Sedang Berlangsung