Rintis Pemberdayaan Ekonomi untuk Masyarakat Lepek Loang, Lombok Timur


17 Mei 2022
Niswah

Rintis Pemberdayaan Ekonomi untuk Masyarakat Lepek Loang, Lombok Timur

LAZNAS Dewan Dakwah-Di sela aktivitas dakwahnya, Ustadz Hanifan, dai muda Dewan Da’wah dari Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID) Mohammad Natsir, punya semangat tinggi dalam memberdayakan masyarakat di sekitarnya.


Bersama sang Istri, Ustadz Hanifan berinisiatif untuk melakukan pembinaan ekonomi skala produksi rumahan, di antaranya: produksi empek-empek, sale pisang, hingga jamur janggel atau tongkol jagung. Alhamdulillah, masyarakat pun begitu antusias dan berminat untuk belajar, bahkan beberapa dari mereka sudah bisa mengolah dan ikut menjualnya.

Ternyata, keterampilan dan pengalaman sang istri sangat membantu Ustadz Hanifan dalam upaya pemberdayaan ini, terutama dalam budidaya jamur janggel atau tongkol jagung yang baru dimulainnya pada bulan Maret hingga April 2022 ini.

Alhamdulillah, jamur-jamur tumbuh lebih cepat dari perkiraan dan ketika waktu panen tiba, Ustadz Hanifan pun mengajak para santrinya untuk panen bersama.

“Bisa di hitung bahwa hari ini adalah pencabutan yang ke-3 kalinya. Walaupun pertumbuhan jamur belum merata, tapi hal ini menjadikan motivasi kami untuk tetap berusaha dalam pengembangannya,” semangat Ustadz Hanifan.

Berkah luas dan berlipat dari hasil panennya ini. Panen keduanya pada Jum’at (8/4) lalu meningkat pesat dari sebelumnya. Jamur-jamur hasil panen tak makan sendiri, ia pun bagikan kepada warga sekitar secara gratis.

Alhamdulillah, berkah dan bahagianya masyarakat dengan adanya budi daya ini, bahkan ada warga siap melanjutkan program yang dibuat Ustadz Hanifan.

Yuk sahabat, terus dukung Ustadz Hanifan dan para dai lainnya dalam berdakwah dan memberdayakan umat di penjuru negeri.
KIRIM 10.000 GURU NGAJI KE PEDALAMAN NEGERI DI SINI

Bagikan :