Sebar Ratusan Mukena, Warga Terdampak Bencana Bersyukur

Waktu Posting : 17 Des 2021

Loading....

Laznas Dewan Da’wah-Tim Laznas Dewan Da’wah sebar ratusan mukena bagi warga terdampak bencana. Memasuki pekan kedua tanggap darurat Semeru, Laznas Dewan Da’wah pada Sabtu (11/12) melengkapi program distribusi perlengkapan shalat dengan membagikan puluhan paket mukena kepada warga terdampak bencana erupsi Semeru.

Para warga yang menerima bantuan program Sebar Sarung Mukena untuk Warga Terdampak Bencana ini ada di beberapa titik pengungsian di Kecamatan Yosowilangun dan Pasirian, di antaranya: Desa Kebonsari, Desa Krai, Desa Karangrejo, dan Desa Condro.

Salah satu warga terdampak, Ibu Nadia yang berasal dari Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro. Sabtu malam (5/12), hanya berselang beberapa jam pasca erupsi pertama, ia dan keluarganya memilih untuk mengungsi ke Desa Condro (15 km dari Sumberwuluh) tanpa mampu menyelamatkan apa-apa.

“Namanya orang panik mas, gak ada yang bisa dibawa. Sempat mikir juga nanti mau shalat gimana. Alhamdulillah ada mukena ini, moga terus manfaat dipakai shalat,” ujar Ibu Nadia ketika menerima bantuan mukena dari tim Laznas Dewan Da’wah.

Kondisi yang demikian juga dialami oleh Ibu Rika, warga terdampak yang mengungsi ke Desa Krai. Ia, suami, dan kedua anaknya juga terpaksa melarikan diri akibat muntahan gunung yang sudah meliputi rumahnya di Desa Sumberwuluh. Dia mengaku masih trauma untuk pulang. “Rumahnya udah ketutup abu. Saya gak berani lihat ke sana lagi untuk sekarang ini,” ucap Ibu Rika, sedih.

Perwakilan perangkat Kecamatan Yusowilangun, Pak Mur, yang juga ikut mendampingi Tim Laznas Dewan Da’wah menyambut baik program ini. “Insya Allah, ini (bantuan mukena) cukup membantu warga yang mengungsi,” ucap tokoh masyarakat tersebut.

Lebih lanjut Pak Mur menjelaskan bahwa dengan kondisi yang carut marut seperti ini, warga yang terdampak memang tidak sempat menyelamatkan apa-apa, termasuk perlengkapan shalat. “Mereka memilih langsung turun ke bawah, ya semua barangnya ditinggalin,” pungkasnya saat berbincang dengan tim media Laznas Dewan Da’wah.

Saat ini ada sekitar 550 paket sarung dan mukena yang disiapkan Laznas Dewan Da’wah untuk didistribusikan di sejumlah titik pengungsian. Angka tersebut tentu sangat kurang. Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), lepas sepekan masa tanggap darurat, jumlah pengungsi erupsi Semeru telah mencapai lebih dari 6.500 jiwa.

Semoga ini senantiasa menjadi peluang amal bagi kita. Mari bantu saudara-saudara kita, ringankan bebannya, mudahkan mereka untuk beribadah dengan menyediakan perlengkapan shalatnya, 

Campaign Lainnya

Semua Cerita Sukses Kami