Tanam 1000 Pohon Berdayakan Masyarakat Mualaf Uwemalingku

Waktu Posting : 25 Apr 2022

Loading....

LAZNAS Dewan Dakwah Alhamdulillah, telah terlaksana program Penanaman 1000 Pohon Produktif bersamaan dengan peresmian Masjid Al-Furqan, Dusun Uwemalingku, Desa Kolo Atas, Morowali Utara, Sulawesi Tengah. Bibit-bibit pohon telah disiapkan untuk kemudian ditanam di lahan. 

Bibit pohon itu terdiri dari Durian Montong 600 pohon, Alpukat 100 Pohon, Mangga madu 100 pohon, Rambutan 100 pohon, dan kelengkeng 100 pohon. Selain sebagai ikhtiar untuk melestarikan pohon, bibit-bibit ini juga diharapkan bisa dipanen buah-buahnya di masa depan kelak.

Sedikit demi sedikit Laznas Dewan Da’wah berikhtiar untuk melaksanakan program pemberdayaan masyarakat binaan dai salah satunya Tanam Pohon sebagai upaya untuk menjaga kelestarian pohon di hutan tempat tinggal warga Dusun Uwemalingku.

Sahabat bisa bayangkan, bagaimana jadinya bila kita hidup tanpa adanya pohon? Tentu bumi kita akan menjadi gersang, sangat panas, dan mungkin bencana akan muncul dimana-mana.

Begitu berartinya sebuah pohon, ia menjadi sumber kehidupan bagi umat manusia, menjadi cagar alam dan penyeimbang ekosistem di sekelilingnya. Maka dari itu dalam sebuah hadis Rasulullah SAW berpesan agar umatnya gemar menanam sekalipun ia tahu esok akan mati. Dalam sebuah hadis dikatakan


إن قَامَتِ السَّاعَةُ وَفِي يَدِ أَحَدِكُمْ فَسِيلَةٌ فَإِنِ اسْتَطَاعَ أَنْ لَا تَقُومَ حَتَّى يَغْرِسَهَا فَلْيَغْرِسْهَا


Artinya: “Jika terjadi hari kiamat sementara di tangan salah seorang dari kalian ada sebuah tunas, maka jika ia mampu sebelum terjadi hari kiamat untuk menanamnya maka tanamlah.” (HR. Bukhari & Ahmad)


Yuk sahabat, mari dukung dakwah para da’i dalam membina dan memberdayakan umat serta memelihara lingkungan di pedalaman.

Campaign Lainnya

Semua Cerita Sukses Kami