Laznas Dewan Dakwah

Kaderisasi Da’i

Menyelenggarakan dan atau memberikan beasiswa pendidikan kader da’i yang diproyeksikan menjadi pembimbing ummat dan penggerak dakwah. Selama pendidikan, para kader mengikuti kuliah kelas dan lapang. Kuliah lapang meliputi Program Komunitas Pecinta Masjid (KPM, yaitu bermukim dan menjadi petugas penyelenggara dan pemakmur masjid), Kafilah Dakwah Ramadhan (praktek lapang bina desa selama 2 bulan efektif dalam kurun Sya’ban-Ramadhan-Syawal), dan Dakwah Pedalaman (pengabdian di desa pelosok Nusantara selama minimal 1 tahun), serta mulazamah (pengabdian magang kerja di lingkungan Dewan Da’wah).

Pendidikan kader da’i meliputi jenjang:

  • D-2 (diploma 2 tahun) yang diselenggarakan Akademi Dakwah Indonesia (ADI). Hingga 2015 sudah berdiri ADI di Kabupaten Sambas (Kalimantan Barat), Surakarta, Bandung, dan Lampung.
  • S-1 (strata 1 selama 4 tahun) yang diselenggarakan Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID) Mohammad Natsir. Hingga 2015 sudah berdiri STID di Jakarta (Pusat), Surabaya, dan akan menyusul di Padang serta Aceh. STID Pusat dalam proses menjadi Institut.
  • S-2 (Strata 2) melalui kerjasama dengan BAZNAS dalam Program Kaderisasi Ulama-Intelektual.