Laznas Dewan Dakwah

Perpustakaan Keliling untuk Anak Lombok

“Ustadz, saya ingin baca buku cerita sahabat Rasulullah,” ujar Lasanim (10), anak Dusun Bual, Desa Bayan, Kab Lombok Utara kepada Guru Ngaji Dewan Da’wah Usatdz Asuddin.

Lebih dari 60 buku anak-anak dibawa Ustadz Asuddin dengan bersepeda motor, keliling dari satu dusun ke dusun lainnya di Lombok Utara.

Ia tak berharap apa pun, kecuali dapat memberikan layanan membaca gratis bagi anak-anak Lombok.

Dengan kegigihannya, ia melakukan ini dua hingga tiga kali dalam sepekan ditengah kesibukannya mencari nafkah untuk keluarga. ‘Tak hanya ke Dusun Bual, perpustakaan keliling ini juga mampir ke dusun lain diantaranya, Dusun Teres genit, Dasan Tutul, dan Nangka Rempek.

‘Tak kenal cuaca ekstrem dan jarak jauh dengan naik turun bukit, perpustakaan keliling tetap ia tekuni untuk menambah minat baca anak-anak.

“Kalau untuk pendidikan, saya tidak tinggi, hanya tamatan SMP. Tapi, hati saya terpanggil. Saya berkeliling ke kampung-kampung untuk membantu anak-anak Lombok agar suka membaca,” papar Ustadz yang kesehariannya menjadi tukang bangunan dan guru ngaji ini.

Layanan perpustakaan keliling ini juga menjadi pintu baginya untuk mengajarkan pengajian Iqra dan Al-Qur’an kepada lebih banyak anak-anak Lombok.

Kebermanfaatannya untuk sesama menjadi jalan baginya untuk meraih keridhaan Allah

“Ini untuk tabungan akhirat, semoga Allah meridhai,” katanya sederhana.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *