Laznas Dewan Dakwah

Laznas Dewan Da’wah Kirim Truk Kemanusiaan Peduli Selat Sunda

Laznas Dewan Da’wah kembali mengirimkan truk kemanusiaan, ambulans, dan tangki air untuk korban tsunami Selat Sunda di wilayah Banten. Bantuan ini dilepas bersama oleh Kabid SDM Dewan Da’wah Abdu Salam, Direktur Laznas Dewan Da’wah Ade Salamun, Manajer Program Agung Gumelar, dan Koordinator Humanity Disaster Management (HDM) Muhammad Hafidz Alfarisy di halaman Masjid Al-Furqon Dewan Da’wah, Kramat Raya 45, Jakarta Pusat, Jumat (25/1).

“Hari ini kita melepas bantuan pasca emergency untuk korban bencana tsunami Selat Sunda di Banten,” tandas Manajer Program Laznas Dewan Da’wah Agung Gumelar.

“Bantuan yang dikirimkan ini berupa sembako dan paket higenis untuk 2000 KK korban tsunami. Selain itu, kami juga menyediakan tangki air siap minum dari stainless steel di beberapa titik pengungsian. Ada juga mobil Semarak (Sedekah Makan Rakyat), dan layanan kesehatan, kita kerahkan kembali,” imbuhnya.

Bantuan ini merupakan kesekian kalinya yang dikirim dari amanah jamaah, donatur, dan mitra Laznas Dewan Da’wah. Pasalnya sejak hari pertama bencana, Laznas Dewan Da’wah langsung mendampingi masyarakat penyintas tsunami melalui Da’i Dewan Da’wah yang membina warga Banten dan Lampung.

Bantuan emergency, seperti Semarak, trauma healing, Kafilah Pecinta Al-Qur’an (KPA), sembako, paket higenis, dan layanan kesehatan rutin terus diberikan pada masa emergency.

“Alhamdulillah sejak tanggal 22 Desember, Tim Laznas Dewan Da’wah langsung terjun ke lokasi. Kebetulan memang Banten menjadi salah satu binaan Dewan Da’wah sejak dulu. Di sana ada Ustadz Bey Hanafi, Ustadz Odon, Ustadz Ading, Ustadz Sulaeman, dan lainnya yang saat kejadian langsung terjun ke lokasi bencana. Kita mendapatkan uptade langsung malam itu juga,” jelasnya.

Agung menambahkan, setelah masa emergency selesai, Laznas Dewan Da’wah mengirimkan KPA dari STID Mohammad Natsir yang sampai hari ini terus berada di lokasi bencana, yakni di Cikoneng, Sumur, Cigeuilis, Anyer, dan beberapa titik lainnya. Para Da’i muda STID M. Natsir ini mengaktifkan pengajian Al-Quran di Masjid/Mushala setiap Magrib dan Subuh.

“Anak anak jadi tetap mengaji untuk membangkitkan mental mereka,” katanya.

Tidak hanya saat masa emergency dan pasca emergency (recovery), Laznas Dewan Da’wah berikhtiar untuk pemulihan jangka panjang kedepannya melalui pembangunan Pesantren Kewirausahaan berbasis Al-Qur’an (Perwira Al-Qur’an).

“InsyaAllah, Laznas Dewan Da’wah akan mendirikan Pesantren Tahfidz Al-Qur’an di Banten sebagai program pemulihan jangka panjang. Perwira Al-Qur’an nama programnya. Kita siapkan tanah wakaf kurang lebih 2 hektar untuk membina korban terdampak bencana tsunami Selat Sunda sampai mereka siap menjadi entrepreneur yang juga penghafal Al-Quran,” pungkas Agung mengakhiri penjelasannya.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *