Pemberdayaan

Pemberdayaan Masyarakat Penjuru Nusantara
Yaitu program-program untuk mendukung kerja da’wah para da’i yang menyasar pada da’i dan masyarakat binaan. Meliputi antara lain:

1) Air buat Sedulur.

Bantuan pengadaan sumber-sumber air bersih alternatif seperti sumur artesis, pipanisasi air, dan dropping air bersih. Seperti sumur air di lereng Merapi Klaten dan Gunung Kidul DIY, Pipanisasi air bersih di Simbalun, NTT

2) Da’i Datang Desaku Terang.

Bantuan sarana penerangan alternatif (lampu tenaga surya, diesel dan listrik tenaga aki atau surya) untuk rumah warga, rumah ibadah, dan penerangan jalan.

3) Da’i Datang Desaku Rindang.

Pelatihan dan pembagian bibit tanaman keras produktif (jati, sengon) untuk penghijauan lingkungan sekaligus investasi warga. Dan pelatihan tata cara bercocok tanam, penyediaan bibit dan alat-alat pertanian.

4) Da’i Datang Perbatasan Tenang.

Membekali da’i dan warga dengan kesadaran NKRI dan ketrampilan untuk mengamankan lingkungan perbatasan bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia.

5) Ternak Sehat.

Menggairahkan ekonomi masyarakat binaan melalui peternak kambing dan domba dengan sistem bagi-hasil. Seperti di Nusa Tenggara Timur, Jawa Tengah, Lampung, dan Banten.

6) Wakaf Al-Qur’an.

Pembagian mushaf Al Qur’an dan Iqra’ ditambah pelatihan dan pembinaan baca Al-Qur’an selama 1 tahun Da’i bertugas.