Laznas Dewan Dakwah

Dewan Da’wah Kirim Da’i Ramadhan ke Pedalaman hingga Singapura

Seperti biasanya, setiap Ramadhan Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia mengirimkan da’i ke pedalaman. Pun tahun 2019 (1440 H) ini.

Ketua Umum Dewan Da’wah, Mohammad Siddik MA, mengatakan, lembaganya menempatkan lebih 200 da’i untuk mendampingi masyarakat di daerah minus dalam memakmurkan Ramadhan 1440 H/2019.

‘’Melalui Program Kafilah Da’wah (Kafda), kami menempatkan 200-an dai ke pedalaman Nusantara hingga keluar negeri. Para da’i tersebut berasal dari Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID) Mohammad Natsir dan Akademi Dakwah Indonesia (ADI),’’ papar Siddik.

Ketua Bidang Pendidikan Dewan Da’wah, Dr Imam Zamroji, menjelaskan, Kafda STID M Natsir merupakan program tahunan di bawah Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Pembinaan.

‘’Kegiatan ini dilaksanakan pada semester V Program Intensif selama 1-2 bulan yang bersifat wajib bagi setiap angkatan. Lokasi program ditentukan berdasarkan masukan dari peserta Kafilah Da’wah dan stake-holder kampus lainnya,’’ papar Imam.

Ia menambahkan, daerah yang dipilih terkategori daerah pedesaan, pedalaman, muslim minoritas, daerah transmigrasi, perbatasan, dan daerah yang secara umum minus kondisinya.

‘’Untuk tahun ini, kami pertimbangkan juga lokasi terdampak bencana alam seperti Lombok, Palu, dan Banten,’’ terang Dwi Budiman Mpdi, Ketua STID M Natsir.

Puluhan da’i Kafda STID Mohammad Natsir Jakarta, tahun ini ditempatkan di Muara Bungo Jambi, Manado Sulawesi Utara, Waringin Timur Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Baranusa dan Lembata Nusa Tenggara Timur, Pulau Enggano Bengkulu, Pulau Nias, Talangmamak Riau, Lunang Silaut Sumatera Barat, Gunung Bromo Malang, Gunung Wilis Kediri, Palu, dan Lombok serta Raja Ampat Papua.

Sedang Kafilah Daiyah (mahasiswi) ditempatkan di Desa Sukamekar, Kec Sukaraja, Kab Sukabumi, Jawa Barat. Sebagian lainnya bertugas di Kampung Deplangu, Desa, Kertajaya, Kec Sumur, Kab Pandeglang, Banten. Berikutnya di Kampung Kelapa Koneng, Desa Banyuasih, Cigeulis, Pandeglang.

Dewan Da’wah Jawa Timur menempatkan belasan da’i di beberapa daerah di Jawa Timur seperti Kediri, Malang, dan Blitar serta Madiun.

Selain itu, Dewan da’wah Jatim juga mengirim sepuluh da’i muda untuk memakmurkan Ramadhan di Singapura. Para juru da’wah belia berasal dari Ma’had Islamic Center eLKISI Mojokerto yang dipimpin KH Fathur Rohman.

‘’Program kafilah da’wah yang dinamakan Praktek Da’wah Ramadhan ini bekerjasama dengan Madrasah Huda pimpinan Ustadz Abdul Hakeem M Ismail,’’ tutur Kyai Fathur yang juga Sekretaris Dewan Da’wah Jatim.

Adapun da’i mahasiswa ADI Lampung bertugas di pedalaman Lampung Tengah dan Selatan serta Tanggamus. Sedang ADI Sambas mengirim da’i ke perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan Barat bagian utara. Sementara itu, ADI Jawa Barat menempatkan da’i di daerah minus di Kabupaten Bandung.

ADI Aceh, Banten, Batam, Kupang, Bukittinggi, juga menempatkan para da’i mahasiswa di daerah-daerah pedalaman sekitarnya.

‘’Da’i-da’i bertugas membina spiritual masyarakat setempat, juga melakukan advokasi kebutuhan sosial-ekonominya melalui pembekalan ketrampilan hidup. Khusus Ramadhan, mereka mengajak warga setempat menghidupkan Ramadhan dengan amal ibadah,’’ terang Ketua Bidang Dakwah Dewan Dakwah, Ustadz Misbahul Anam.

Sebelum diberangkatkan jelang Ramadhan ini, para peserta Program Kafilah Da’wah mengikuti pelatihan pembekalan yang diselenggarakan kampus masing-masing dan Laznas Dewan Da’wah.

Materi pelatihan meliputi orientasi dan pemetaan da’wah, komunikasi massa, penyusunan progress and reporting, dan pelatihan lifeskill praktis seperti daur ulang sampah domestik dan terapi bekam.

Insya Allah para dai akan mengoptimalkan kebermanfaatan ZIS Anda melalui Program #Ramadhan Panen Pahala yakni: Paket Ta’jil, Ifthor/Bukber, Sembako, Kado Anak Yatim dan Dhuafa, Hadiah Lebaran Da’i. Juga tasaruf Zakat Fitrah, Mal, Fidyah, maupun Kafarah.

Partisipasi silakan menghubungi 021-31901233 atau SMS 0858-8282-4343. Rekening Bank Muamalat Indonesia (BMI) no 301-007-1846 atas nama Lazis Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia qq Infaq

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *